Berikut ini buah-buahan yang dianjurkan untuk penderita hipertensi:

Pisang

Buah untuk menurunkan darah tinggi pertama yang banyak disarankan tenaga kesehatan adalah buah pisang. Tidak heran buah ini banyak menjadi rekomendasi dokter untuk mengatasi darah tinggi, karena kandungan kaliumnya yang sangat banyak. Kalium adalah suatu senyawa kimia yang dapat menurunkan tingkat kerja jantung namun memperkuat kontraksinya. Dengan kata lain, mengonsumsi kalium adalah salah satu cara menurunkan darah tinggi dengan cepat. Maka, pisang yang mengandung kalium sangat bagus untuk penderita darah tinggi. Buah untuk menurunkan darah tinggi ini dapat Anda nikmati sebagai makanan ringan, smoothies, atau dikiombinasikan dengan yogurt dan oatmeal favorit Anda.

Tomat / Jus Tomat

Selain baik untuk prostat, ternyata buah tomat adalah buah untuk menurunkan dara tinggi dan kolesterol tinggi. Hal ini dikonfirmasi dari penelitian yang menyebutkan bahwa mengonsumsi tomat mampu menurunkan kadar LDL serta menurunkan tekanan darah sistolik atau tekanan darah atas. Hal ini dikarenakan kalium yang terkandung di dalam tomat serta suatu antioksidan yang disebut lycopene. Senyawa lycopene adalah sautu antioksidan yang memberikan warna merah pada tomat dan memiliki efek kesehatan yang sangat baik. Tomat dapat Anda makan mentah, dimasak atau pun dijus. Namun ingat, hindari jus tomat kalengan atau siap saji yang mengandung pengawet, karena pengawet dapat meningkatkan tekanan darah Anda.

Jeruk / Jus Jeruk

Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi 2 gelas jus jeruk setiap hari akan dapat menurunkan tekanan darahnya. Buah untuk menurunkan darah tinggi kali ini adalah jeruk, buah oranye asam manis yang banyak mengandung Vitamin C. Disebutkan pula bahwa efek minum jus jeruk ini baru didapatkan bila Anda telah mengonsumsi rutin selama 2-4 minggu. Selain di jus, terntunya Anda dapat mengonsumsi jeruk dengan memakan buahnya langsung. Namun ingat, pilihlah jus jeruk tanpa pengawet dan gula tambahan. Ingat juga untuk selalu memilih jus jeruk yang alami, bukan buatan.

Kiwi

Berikutnya, buah untuk menurunkan darah tinggi yang juga cukup enak sebagai camilan adalah buah yang bernama seperti nama burung di New Zealand, yaitu buah kiwi. Buah yang dagingnya hijau dan rasanya asam segar ini mengandung banyak kalium yang dapat menurunkan tekanan darah. Selain kalium, kiwi pun mengandung banyak Vitamin C yang dapat bermanfaat dan berperan sebagai penangkan radikal bebas. Anda dapat menikmati kiwi sebagai camilan, dijus atau juga dimakan bersamaan dengan makanan seperti yogurt tanpa lemak atau pun oatmeal.

Semangka

Ternyata buah manis yang menyegarkan dan mengandung banyak air ini baik untuk para penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Bukan hanya untuk penderitanya, buah semangka dapat pula mencegah terjadinya penyakit darah tinggi pada orang dengan tekanan darah yang masih normal. Penelitian yang dilakukan di Florida, Amerika Serikat menyatakan bahwa buah semangka mengandung banyak L-citrulline yang dapat membantu meregulasi tekanan darah dan membantu menurunkan tekanan darah. Dan kandungan asam amino di buah semangkalah yang dapat mencegah timbulnya penyakit tekanan darah tinggi pada orang normal.

Pepaya

Satu lagi buah tropis yang menjadi favorit untuk menurunkan tekanan darah, yaitu buah pepaya. Buah yang memiliki reputasi sebagai pencegah sembelit ini pun ternyata dapat menjadi buah untuk menurunkan darah tinggi yang cukup ampuh. Pepaya mengandung cukup banyak kalium dan magnesium yang dapat meregulasi kerja otot jantung sehingga mencegah kenaikan tekanan darah. Selain itu, pepaya pun mengandung flavonoid, suatu senyawa yang terbukti dapat menurunkan kuantitas tekanan darah pada penderita hipertensi.
Selain berfokus pada mengonsumsi buah untuk menurunkan darah tinggi, penderita hipertensi pun sebaiknya mengetahui bagaimana dan apa saja makanan penurun darah tinggi yang dapat membantu tubuh menurunkan tekanan darah Anda. Secara umum, semua penderita tekanan darah tinggi wajib melakukan 5 hal ini: mengurangi konsumsi garam, mengurangi konsumsi minyak dan lemak, memperbanyak serat dari sayuran dan buah-buahan, mengurangi konsumsi alkohol dan berhenti merokok.

Sebagai tambahannya, Anda dapat mengonsumsi makanan penurun darah tinggi di bawah ini:

Skim Milk baik untuk organ jantung dan pembuluh darah Anda karena mengandung kalsium, kalium dan magnesium. WHO merekomendasikan penderita darah tinggi untuk mengonsumsi skim milk 2-3 gelas belimbing perhariBayam merupakan makanan yang mengandung sedikit kalori, tinggi serat dan terdapat banyak kalium, folat dan magnesium yang baik untuk kesehatan jantung. Cokelat Hitam / Dark Chocolate mampu menurunkan tekanan darah bila dikonsumsi sebanyak 30 kalori setiap harinya dalam 18 minggu. Pilihlah cokelat hitam yang mengandung minimal 70% bubuk cokelat. Putih telur mengandung protein dan peptide yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Namun bila mengonsumsi telur, makanlah putihnya saja dan sisakan kuning telurnya. Ubi manis mengandung banyak kalium dan mampu membantu ginjal untuk membuang natrium atau garam ketika Anda berkemih. Kulit ubi pun sebaiknya dimakan karena tinggi akan serat.

narasumber: Ati Latifah, Staf Instalasi Gizi RSHS

 

Comments are closed.

%d bloggers like this: