RSUP dr. Hasan Sadikin peringati Hari Cuci Tangan Sedunia bersama sekitar 400 siswa dan guru SDN Sejahtera Bandung sebagai rangkaian Peringatan HUT RSHS ke-93 pada 12 Oktober 2016.

“Tubuh sehat berawal dari tangan yang bersih, jadi biasakan mencuci tangan setiap saat. Ibu berharap, seluruh siswa disini yang telah mengikuti kegiatan edukasi cuci tangan diharapkan dapat membagikan pengetahuannya kepada keluarganya dan orang-orang disekitarnya”, imbau Direktur Utama RSHS, dr. Ayi Djembarsari, MARS kepada seluruh anak peserta kegiatan.

Anak-anak nampak antusias menyimak edukasi mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta memeragakan cuci tangan 6 langkah menurut WHO yang dicontohkan instruktur.

Selain sosialisasi, dilakukan pula pembubuhan cap tangan komitmen ayo cuci tangan oleh Dirut dan Direksi RSHS, kepala sekolah, guru serta perwakilan murid SDN Sejahtera. Komitmen ini penting sebagai wujud kesadaran untuk memulai kebiasaan baik menjaga kebersihan tangan. Acara semakin meriah saat peragaan cuci tangan dilakukan menggunakan lagu cuci tangan karya dr. Zulaehah Hidayati ditutup dengan gelaran kuis yang memacu semangat siswa menjawab pertanyaan seputar materi yang telah diberikan.

Tingkat kesakitan dan kematian pada anak masih tinggi, terutama dikarenakan diare sebagai akibat kurangnya kesadaran menjaga kebersihan tangan dan akses pada air bersih yang terbatas. Karena permasalahan tersebut, sejak tahun 2008, PBB mencanangkan Hari Cuci Tangan Dengan Sabun Sedunia pada 15 Oktober.

Comments are closed.

%d bloggers like this: