Suasana saat jumpa pers megenai klinik fertilitas RSHS (klinik Aster) 4 Juni 2014

RSHS (03/06/2014). RSHS mengadakan Open Discussion yang akan membedah tentang  salah satu layanan unggulan RSHS yaitu program bayi tabung klinik Aster pada Rabu, 4 Juni 2014 pukul 12.00 WIB. Acara bertempat di Klinik Aster, gedung COT Lantai 4 RSUP dr. Hasan Sadikin Bandung. Klinik Aster RSUP dr. Hasan Sadikin Bandung sendiri merupakan pelopor pelayanan bayi tabung pertama di Jawa Barat serta termasuk jajaran klinik fertilitas terkemuka di Indonesia. Semua proses bayi tabung tingkat canggih sudah dapat dilakukan di klinik ini.

Istilah “bayi tabung” yang dikenal di masyarakat sebenarnya di dunia kedokteran dikenal dengan istilah Fertilisasi In Vitro (FIV) yang berarti proses pembuahan sel telur wanita oleh spermatozoa pria (bagian dari proses reproduksi manusia). Proses ini terjadi di luar tubuh. Pada Fertilisasi In Vitro ini, sel telur matang yang dihasilkan oleh sistem reproduksi istri akan dipertemukan dengan spermatozoa sang suami dalam suatu wadah berisi cairan khusus di laboratorium. Program bayi tabung diharapkan mampu menjawab kegundahan mereka yang mendambakan kehadiran anak.

Program pertemuan dengan wartawan ini telah diagendakan Subbagian Humas & Protokoler setiap bulan satu kali dengan tema yang berbeda-beda untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai informasi kesehatan, serta menjalin kerjasama yang baik dengan media sebagai penyambung lidah RSHS kepada masyarakat Indonesia khususnya Jawa Barat.

Pemenuhan kebutuhan informasi publik ini dapat menunjang terwujudnya motto RSHS yaitu Your Health is Our Priority dan visi RSHS menjadi Rumah Sakit Indonesia Kelas Dunia yang unggul dalam pelayanan, pendidikan dan penelitian.

Sebagai Rumah Sakit kelas A yang menjadi pusat rujukan provinsi Jawa barat, RSHS telah mengalami perkembangan pesat baik dari segi Sumber Daya Manusia maupun sarana dan prasarana serta teknologi dalam menunjang pelayanan. Siklus perbaikan pelayanan RSHS ini dirasakan juga di Instalasi Reproduksi Berbantu RSHS yang merupakan salah satu layanan unggulan RSHS.

Instalasi Reproduksi Berbantu RSHS ini telah berdiri sejak tahun 2005. Klinik Fertilitas ASTER, adalah Klinik Fertilitas Tanah air yang dikelola oleh Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP Dr. Hasan Sadikin – Bandung), yang didukung oleh Tim Dokter Ahli Fertilitas, Embryologist, Perawat, dan Staf lainnya untuk memberikan pelayanan paripurna bagi pasangan yang mengalami kesulitan dalam memperoleh buah-hati idaman.

Hingga saat ini telah banyak prestasi yang telah dicapai oleh Klinik Fertilitas ASTER dalam bidang pengembangan teknologi Bayi Tabung.

Dari tahun ke tahun, tingkat keberhasilan kehamilan di klinik Aster ini semakin meningkat sehingga kami percaya bahwa Klinik Aster dapat menjadi solusi bagi masyarakat Jawa Barat yang memiliki gangguan kehamilan dan mendambakan buah hati.

Dengan keberadaan klinik Aster ini, pasien yang membutuhkan pelayaan reproduksi berbantu tidak usah jauh-jauh berobat ke luar provinsi apalagi ke luar negeri.  Hanya dengan dua kali datang (pada siklus haid hari ke-2 dan 9), pasien dapat mengetahui masalah infertilitasnya (ketidaksuburan). Hal ini membuat pelayanan semakin efisien dan efektif.

Pelayanan yang dapat pasien dapatkan di Klinik Aster RSHS diantaranya pemeriksaan kesuburan dasar pria dan wanita, Konsultasi masalah gangguan haid dan hormon kesuburan, Ultrasonografi (USG) kandungan, Analisis sperma menggunakan CASA (computer-­‐aided sperm analysis), Pemeriksaan hormon reproduksi, Bedah endoskopi kandungan (laparoskopi dan histeroskopi), Inseminasi intrauterin, Bayi tabung dan salah satu pelayanan dengan teknologi yang tidak kalah canggih adalah Simpan beku embrio.

Tujuan yang lain dari pertemuan ini, kami harapkan rekan-rekan media dapat mensosialisasikan edukasi kepada masyarakat mengenai tips dan trik menjaga kesehatan kandungan dan kehamilan. Beberapa hal mengenai masalah kesuburan, apa saja yang menjadi faktor kesuburan, serta cara menangani kekurangsuburan tersebut dapat menjadi bahan edukasi epada masyarakat yang sangat bermanfaat.

Akhirnya, sekali lagi kami ucapkan selamat mengikuti acara ini semoga dengan acara-acara seperti ini tali sillaturrahim antara RSHS dengan media massa semakin baik sehingga dapat terjalin hubungan simbiosis mutualisme. Kami membutuhkan rekan-rekan untuk mensosialisasikan informasi kesehatan, dan kami selalu berusaha memberikan informasi yang rekan-rekan butuhkan.

Rencana ke depan

Saat ini rata-rata biaya pasien yang mengikuti program ini adalah 49 juta. Klinik aster RSHS sedang merencanakan untuk tahun 2015 biaya program bayi tabung akan lebih terjangkau, karena akan ada beberapa biaya yang dapat dikurangi sehingga program pelayanan bayi tabung menjadi lebih dekat, nyaman dan terjangkau tanpa ada kualitas yang dikurangi.

Rencana selanjutnya yaitu fertility preservation. Yaitu program penyimpanan sel telur bagi pasien yang terdiagnosa kanker dan harus menjalani kemoterapi. Dengan melakukan kemoterapi, biasanya sel telur dari pasien menjadi tidak berkualitas, maka, pasien dapat menyimpan sel telur sebelum pelaksanaan kemoterapi. Jika pasien survive dan ingin mendapatkan keturunan beberapa tahun setelahnya, pasien dapat menggunakan sel telur yang telah disimpan tersebut.

 

Comments are closed.

%d bloggers like this: