Apakah anda sering merasa mudah lelah, lesu, kelemahan otot, pucat, berdebar-debar, sesak nafas waktu bekerja, sakit kepala, pusing, kesemutan, telinga berdegung, konsentrasi menurun, mudah mengantuk dan mau pingsan? mungkin anda mengalami kurang darah atau anemia. Tentu saja penyakit ini cukup mengganggu aktivitas kita, apalagi bila kita mempunyai rutinitas yang super sibuk. Anemia mengakibatkan payah jantung dan semangat bekerja anda menurun.

Anemia adalah keadaan dimana kadar haemoglobin (Hb) dan jumlah sel darah merah dalam tubuh lebih rendah dari batas normal. Adapun batas normal pada laki-laki adalah 13 g/100ml, sedangkan pada perempuan batas normalnya adalah 12g/100ml.

Kebanyakan kasus anemia terjadi karena kekurangan zat besi, infeksi cacing tambang, gangguan penyerapan makanan, kebutuhan meningkat dan pendarahan.  Anda tak perlu khawatir karena anemia bisa dicegah dengan cara mengkonsumsi makanan bergizi, mengkonsumsi tablet zat besi, vitamin B12, menjalani pemeriksaan kesehatan berkala, serta menjaga kebersihan/sanitasi lingkungan.

 

Sumber :  (Depkes RI )

Comments are closed.

%d bloggers like this: