Hari Kesadaran Nasional (HKN) di RSUP dr. Hasan Sadikin Bandung berjalan seperti biasa. Namun ada yang berbeda pada upacara HKN 17 Juli 2012 yang diselenggarakan oleh SMF Ilmu Penyakit Dalam ini. Pasalnya diakhir Upacara berlangsung kemeriahan peserta upacara saat sosialisasi lagu cuci tangan (hand hygine) dibarengi dengan gerakan cucitangan yang diperagakan dengan kompak.

Peragaan cuci tangan saat upacara HKN RSHS diikuti peserta upacara

Peragaan cuci tangan saat upacara HKN RSHS diikuti peserta upacara

Lagu cuci tangan ini merupakan inofasi dari salah satu putri RSHS, dr. Zulaeha didukung beberapa pihak lain. Lagu ini tercetus setelah adanya enam langkah cuci tangan yang tepat sesuai dengan yang disarankan World Health Organization (WHO). Apalagi kini RSHS sedang gencar  berupaya untuk memenuhi standar Joint Commission International (JCI) agar pelayanan RSHS dapat semakin memuaskan dan meraih akreditasi JCI.

Upacara HKN di RSHS diselenggarakan setiap tanggal 17 di lapangan Upacara RSHS. Kegiatan ini diselenggrakan oleh unit kerja di RSHS secara bergiliran. Selain pengibaran bendera merah putih dan acara inti lainnya, dalam upacara ini juga dibawakan lagu mars RSHS, lagu daerah, peragaan cuci tangan, peragaanpenggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan lain sebagainya. Dengan terselenggaranya acara ini semoga rasa nasionalisme dan patriotisme selalu terjaga.

Comments are closed.

%d bloggers like this: