Penyakit Rematik ada banyak sekali jenisnya. Ada hampir 200 macam penyakit Rematik yang diketahui. Di masyarakat awam sendiri sering kita mendengar tentang penyakit Rematik yang sering dipersepsikan sebagai penyakit asam urat, padahal penyakit asam urat / gout hanyalah salah satu jenis dari sekian banyak jenis penyakit rematik.

Semakin tua umur manusia, maka dapat muncul pula penyakit-penyakit Rematik yang disebabkan karena penuaan seperti penyakit Osteoarthritis yang bahasa awamnya biasa disebut sebagai penyakit pengapuran. Selain itu ada juga penyakit lain diluar pengapuran yaitu penyakit-penyakit yang biasanya dipengaruhi oleh sistem kekebalan tubuh dimana pada penyakit ini, sistem tubuh kita menyerang tubuh kita sendiri (autoimun). Penyakit ini selain menyerang sendi, ada juga yang menyerang kulit.

Demikian dikatakan dr. Andri Reza Sp.PD-KR dalam pembukaan Simposium Awam “Getting Closer with Rheumatoid Arthtritis and Psoriosis” pada Sabtu (25/08)  di lt. 5 Gedung Fresia RSHS. Simposium yang diselenggarakan atas kerjasama Perhimpunan Reumatologi Indonesia (IRA) Cabang Bandung ini menghadirkan Dr. Sumartini Dewi, dr.,Sp.PD-KR.M.kes sebagai nara sumber untuk topik “ Diagnostik dan Penatalaksanaan Reumatoid Artritis dan Spondiloartropati” serta dr. Hartati P. Dharmadji,Sp.KK(K) sebagai nara sumber topik “ Diagnostik dan Penatalaksanaan Psoriasis”. Bertindak sebagai moderator ialah dr. Riardi Pramudiyo,Sp.PD-KR.

Simposium berlangsung singkat namun penuh manfaat. Dihadiri oleh 83 peserta dari dalam dan luar kota Bandung, banyak  sekali ilmu yang dapat diperoleh dari materi – materi yang diberikan oleh para nara sumber terutama tentang penyakit Psoriasis, Reumatoid Artritis dan Spondiloartropati. Diakhir acara simposium, dilakukan sosialisasi pembentukan yayasan SAHARA yang merupakan yayasan yang untuk pasien-pasien Reumatoid Artritis. ***

 

 

Comments are closed.

%d bloggers like this: