Sekitar 200 pengunjung ramaikan puncak acara peringatan Hari Ginjal Sedunia / World Kidney Day ( WKD ) di Gedung Pendopo Kota Bandung, 12 Maret 2017. Kegiatan yang diawali dengan senam zumba ini dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan dan laboratorium gratis serta talkshow mengenai penyakit ginjal dan  obesitas. Narasumber dalam talkshow tersebut yakni dr. Hikmat Permana, Sp.PD-KEMD, dr. Rubin G, Sp.PD-KEGH, dr. Faisal Sp.A(K), M.Kes dan Dr. dr Gaga Irawan Nugraha, Sp.GK, M.Gizi.

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara, RSUP dr. Hasan Sadikin dan Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran, Perhimpunan Nefrologi Indonesia (Pernefri) dan Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam Indonesia (Papdi).

Beberapa tahun terakhir obesitas menjadi perhatian dunia, karena berbagai penelitian menyebutkan, angka manusia dengan diabetes hari ini semakin meningkat. Begitu juga dengan penyakit ginjal kronik (PKG) yang menjadi permasalahan kesehatan Global. Jumlah pasien PKG terus meningkat hingga mencapai 5-10 % populasi dunia dan sekitar 70 ribu pasien cuci darah rutin di Indonesia.

Penyebab tertinggi ginjal saat ini adalah hipertensi, diabetes militus dan kegemukan/diabetes. Tahun 2014 terdapat 600 juta usia dewasa menderita obesitas di dunia. Individu dengan berat badan berlebih mempunyai risiko 2 sampai 7 kali lebih tinggi untuk terjadinya PGK tahap akhir dibandingkan individu dengan berat badan normal.

Tips agar terhindar dari obesitas dan penyakit ginjal sebetulnya mudah, yaitu dengan menerapkan perilaku hidup sehat dan deteksi dini. Pola konsumi makan dan aktivitas fisik menjadi faktor yang sangat penting. Makanlah dengan gizi seimbang, yaitu mengandung karbohidrat, lemak, protein, serat dan vitamin/mineral. Hindari banyak ngemil apalagi makanan yang mengandung tepung terigu.

Adapun untuk mendeteksi dini penyakit ginjal dengan pemeriksaan laboratorium darah yakni ureum, kreatinin dan cysantatin C dan urin yakni urinalisis rutin serta pemeriksaan penunjang lain seperti ultrasonografi (USG), fotorontgen, CT Scan dan renogram, dsb.

Kegiatan peringatan WKD ini telah terlaksana sejak awal Maret 2017. Beberapa diantaranya adalah memberikan edukasi pada acara talkshow di radio, talkshow di elevisi dan kegiatan Open Discussion With Mass Media yang bertempat di RSHS. (Fit)

 

Comments are closed.

%d bloggers like this: