Data yang dirilis Komite Penanggulangan Kanker Nasional (KPKN) meyatakan, kanker membunuh lebih banyak orang dari pada AIDS, malaria, dan tuberklosis. Bahkan bila ketiganya digabungkan menjadi satu.

Mengingat pentingnya menanamkan kesadaran akan pencegahan dan pengobatan penyakit kanker, sesuai araha Kementerian Kesehatan, RSHS telah menyelenggarakan beberapa kegiatan untuk memperingati World Cancer Day (WCD) 2015 dengan tema Cancer is not beyond us (kanker bukan diluar kemampuan kita).

Rangkaian acara WCD ini diawali dari kegiatan kampanye peduli kanker dan konsultasi gratis pada 1 Februari 2015 di Area Car Free Day Jl. Dago Bandung. Dalam agenda yang pertama ini direksi RSHS, para dokter konsultan, dan PPDS serta Co Asisten kedokteran FK UNPAD memeriahkan acara ini.

Agenda kedua adalah WCD in the road yaitu jalan santai bersama para para direktur RSHS, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Kepala Dinas Kesehatan Kota bandung, tim medis, relawan, survivor, dan peserta lain. Sekitar 400 orang mengikuti kegiatan ini. Rute jalan santai dimulai dari RSHS Jl. Pasteur- Jl. Cipaganti-Jl. Eijkman-Jl. Pasirkaliki dan finish di taman Otten Jl. Pasteur.

Setelah melakukan jalan santai, peserta diundang untuk menghadiri bakti sosial yaitu tes IVA (deteksi kanker serviks) gratis dan edukasi kelompok yang dilaksanakan di poli kandungan dan pembagian makanan sehat kepada pasien kanker di ruang rawat inap RSHS. Kegiatan dilanjutkan dengan seminar awam yang diselenggarakan pada Rabu, 4 Februari 2015 di Auditorium FK UNPAD, Jl. Eijkman Bandung.

Comments are closed.

%d bloggers like this: