Pada bulan Juli 2011, Instalasi Bedah Sentral (IBS) raih tropi bergilir Triton Award dalam bidang Keselamatan Pasien di Kamar Operasi yang diselenggarakan oleh PP HIPKABI (Himpunan Perawat Kamar Bedah Indonesia) dalam rangka Pertemuan Ilmiah Tahunan HIPKABI yang ke X. Tim ini terdiri dari Nina Kirana Poetri, Skp., Fatrisia Madina Skp, Abdul Rahman, Amk.

Penghargaan ini diterima setelah IBS RSHS melakukan penelitian dan membuat karya tulis dengan tema “Patient Savety in Operating Theatre Project”. Setalah melalui penilaian dan verifikasi yang cukup ketat, RSHS masuk dalam 5 besar dan dilakukan visite oleh panitia yang diwakili oleh 1 orang dokter konsultan TIM Keselamatan pasien dan satu orang dari PP HIPKABI pada tanggal 16 Juni 2011. Visite tersebut dilakukan untuk melihat kondisi dan pelaksanaan identifikasi keselamatan pasien yang dilakukan di kamar operasi. Hasil dari penilaian, TIM IBS RSHS dinyatakan sebagai yang terbaik pertama, diikuti oleh RS Sarjito di tempat kedua, dan RS Meowardi di tempat ketiga.

Jika dirunut, secara tidak langsung karya tulis ini telah dipersiapkan sejak lama. Dimulai saat IBS RSHS melakukan penelitian tentang “Gambaran Utilisasi dan Pemanfaatan Penggunaan Waktu Dikamar Operasi” dengan hasil: belum maksimalnya cutting time yang dilaksanakan sesuai jadwal yang telah disepakati yaitu pada jam 08.00.

Dengan berbagai evaluasi dan perkembangan, serta digalakannya pasien safety pada tahun 2010, TIM IBS melakukan penelitian tentang “Gambaran Pelaksanaan Verifikasi Keselamatan Operasi di Instalasi Bedah Sentral” dengan menggunakan Daftar Tilik Keselamatan Operasi yang dimodifikasi oleh Kemeterian Kesehatan RI berdasarkan Guideline WHO/Surgical Safety Checklist.

Penelitian dilakukan dalam waktu satu bulan di kamar operasi lantai tiga elektif dengan jumlah sampel 276 tindakan operasi. Pada bulan April 2011 karya tulis dipresentasikan dan membuahkan beberapa hal yang harus dievaluasi. Selanjutnya TIM IBS RSHS melakukan perbaikan dan koreksi dari nara sumber untuk diserahkan kepada bagian pendidikan dan penelitian RSHS sebagai hasil akhir. Dayung bersambut, pada bulan yang sama diumumkan lomba karya tulis ilmiah ini dan Tim IBS RSHS mengirimkan karya tulis ilmiah yang telah dibuat. Pada akhirnya Alhamdulillah RSHS mendapatkan juara pertama dan mendapat tropi bergilir. Tropi bergilir ini akan tetap berada di RSHS jika RSHS menjadi juara tiga kali berturut-turut.

Comments are closed.

%d bloggers like this: