Menyambut Ulang Tahun ke 101, RSUP Dr. Hasan Sadikin (RSHS) menggelar Pengabdian Masyarakat dan Bakti Sosial pada 4-6 Oktober 2024 di Cirebon, Jawa Barat. Kegiatan ini memiliki tema “Merajut Kebersamaan Menggapai Sehat untuk Negeri Bersama RSHS”.

Ketua HUT 101 Tahun RSHS, dr. Fitra Hergyana, Sp.DVE.,FINSDV.,MH.Kes.,MM dalam Acara Puncak Pengandian Masyarakat dan Bakti Sosial RSHS yang bertempat di Kawasan Perkantoran Pemkab Cirebon Minggu (6/9) mengungkapkan bahwa kegiatan ini dapat terlaksana berkat adanya kerjasama pentahelix yang terdiri dari unsur pemerintah, akademisi, badan atau pelaku usaha, masyarakat atau unsur komunitas dan media.

” Bukan hanya sebagai momentum untuk berbagi, kegiatan ini juga adalah sarana untuk mempererat tali silaturahmi antar rumah sakit dan masyarakat serta mitra-mitra kerja kami sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan kualitas kesehatan di Indonesia,” Ungkapnya. Terkait dengan untuk kegiatan ini, RSHS mencatatkan sejarah dengan diraihnya meraih Rekor MURI untuk Bakti Sosial oleh Dokter Subspesialis Terbanyak. RSHS juga meraih rekor MURI untuk Webinar Kesehatan Internasional secara Seri dengan Peserta Tenaga Kesehatan Terbanyak.

Rangkaian kegiatan Pengabdian Masyarakat dan Baksos yaitu pemberian edukasi yang dibeberapa titik lokasi di Cirebon yaitu di Polresta Cirebon, Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Aula Kantor Pemda Kabupaten Cirebon, Puskesmas Tengah Tani, Batik Trusmi, SMPN 1 Talun, Kawasan Pemkab Cirebon dan RS Sumber Hurip. Kegiatan edukasi ini telah diikuti oleh sekira 800 peserta yang terdiri dari pelajar, polisi, polwan, ibu-ibu Bhayangkari, anggota Persit, anggota Dharmawanita , PKK, para pengrajin batik dan masyarakat umum. Adapun materi edukasi yang diberikan mencakup edukasi mengenai kesehatan reproduksi, kesehatan jiwa, stunting, dan tumbuh kembang anak, penyakit jantung koroner, pelatihan bantuan hidup dasar, skrining kanker payudara, skrining skoliosis, serta pelatihan deteksi kusta dan dermatitis. Selain acara edukasi tersebut, RSHS juga melakukan bakti sosial operasi bibir sumbing dan lelangit gratis bagi anak-anak dan masyarakat kurang mampu bekerja sama dengan RS Permata Cirebon.

Tak hanya itu, pada acara puncak peringatan Pengabdian Masyarakat dan Bakti Sosial RSHS di Kawasan Perkantoran Pemkab Cirebon, 6 September 2024, RSHS menggelar acara senam masal dan pemberian santunan kepada anak-anak yatim dan dhuafa di sekitar masyarakat Cirebon. Menutup rangkaian kegiatan Pengabdian Masyarakat dan Bakti Sosial, ditempat yang sama RSHS menghadirkan program “Bring Orchid to Cirebon” yaitu hadirnya pelayanan poliklinik rawat jalan Anggrek dengan dukungan 19 profesor dan 294 dokter subspesialis RSHS. Acara ini sukses melayani ribuan peserta yang datang dari masyarakat Cirebon. Dalam program ini, masyarakat mendapatkan pelayanan medis mulai dari pemeriksaan umum, pelayanan spesialis serta pemberian obat-obatan gratis. Animo masyarakat kabupaten Cirebon terhadap acara ini nampaknya cukup besar. Hal ini terlihat dengan padatnya kunjungan ke klinik-klinik yang telah disediakan RSHS di kawasan tersebut.

Sementara itu, Direktur Utama RSHS dr. Rachim Dinata Marsidi, Sp.B.,Finac.,M.Kes dalam sambutannya pada puncak acara ini menyampaikan rasa terima kasihnya pada Pemkab Cirebon. “Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Cirebon dan semua pihak yang telah berkolaborasi dalam acara ini. Kerja sama yang terjalin menunjukkan komitmen kita semua untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat, khususnya di Kabupaten Cirebon, kegiatan ini merupakan bukti nyata dari komitmen RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung dalam memberikan layanan kesehatan terbaik bagi masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Jawa Barat,” Ungkapnya. ***

Comments are closed.