Penyakit Ginjal Pada Anak

WKDGinjal adalah organ yang sangat mengagumkan yang berperan penting dalam menjaga hidup dan kesehatan kita. Penyakit Ginjal dapat terjadi pada siapa saja, tak peduli usia. Bahkan, anak anak pun tak lepas dari ancaman penyakit ginjal. Pada anak, penyakit ginjal yang sering muncul adalah infeksi saluran kemih, glomerulonefritis akut pasca streptokokus, sindrom nefrotik, dan gangguan ginjal akut. Mengingat  rentan nya anak-anak terkena penyakit ginjal, maka jagalah kesehatan ginjal anak anda. Demikian dikatakan Prof. Dr. Dedi Rachmadi Sp.A(K)., M.Kes dalam talkshow yang berada dalam acara peringatan hari ginjal sedunia bertajuk  Kidney Disease & ChildrenAct Early To Prevent It “. Acara yang dipusatkan di area Look Family Outlet, Car Free Day Dago,. Ir. Djuanda 81 ini tersenggara atas kerjasama SMF Ilmu Kesehatan Anak, SMF Ilmu Penyakit Dalam, Hemodialisa dan Promkes RSHS . Selain talkshow dan senam sehat anak, kegiatan lainnya pemeriksaan urine, pemeriksaan tensi darah, konsultasi gratis untuk anak,  fun game dan door prize.  Kegiatan yang ketuai oleh dr. Rubin S. Gondodiputro., Sp.PD-KGH dihadiri oleh Dirut dan Direksi RSHS, Kadinkes Jabar, Kadinkes Kota Bandung, Dekan Unpad, perwakilan dari IDAI, PERNEFRI, dan tentunya para peserta.

Acara ini bertujuan untuk menyebarkan pesan bahwa penyakit ginjal banyak diderita, membahayakan namun dapat diobati dan bila tidak pun masih  banyak yang dapat dilakukan.   Sesuai dengan tema WKD tahun 2016 yaitu Kidney Disease & Children, Act early to prevent it, kegiatan  ini menunjukkan perlunya kewaspadaan universal dari masyarakat umum terhadap penyakit ginjal yang mengancam jutaan orang diseluruh dunia, termasuk anak-anak yang mempunyai resiko penyakit ginjal pada usia muda.

Mengingat masih rendahnya pemahaman masyarakat terhadap penyakit ginjal , maka dalam acara ini diinformasikan mengenai pentingnya deteksi dini kelainan ginjal dan saluran kemih yang berpotensi menimbulkan penyakit ginjal kronik di kemudian hari. Cara menjaga ginjal agar tetap sehat adalah dengan meminum air air putih secukupnya setiap hari, banyak konsumsi buah dan sayur, aktif berolahraga, tidak mengkonsumsi minuman dam makanan yang mengandung gula berlebih atau soda, tidak mengkonsumsi makanan berkadar garam berlebih, tidak merokok dan tindak menggunakan narkoba.

World Kidney Day (WKD) pertama kali diluncurkan pada tahun 2006 dan diperingati pada setiap Kamis kedua bulan Maret dan pada tahun ini diperingati pada tanggal 13 Maret 2016 dengan tema yang berbeda setiap tahunnya. Tujuan WKD adalah untuk meningkatkan kepedulian masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan ginjal. ***

Gejala-gejala Penyakit Ginjal Yang Sering Terjadi pada Anak :

1.    Infeksi Saluran Kemih

Gejala : Nyeri berkemih, sering mengompol dan demam

2.    Glomerulonefritis akut pasca streptokokus

Gejala : Buang air kecil berwarna merah atau coklat, nyeri kepala, sesak, kejang, dan bengkak

3.    Sindrom nefrotik

Gejala : bengkak di wajah, buang air kecil sedikit

4.    Gangguan ginjal akut (GgGA)

Gejala : terdapat riwayat diare/ muntah hebat, buang air kecil sedikit/ tidak ada, sesak.

Comments are closed.

%d bloggers like this: