1000 hari pertama tentukan kecerdasan anak. Cukupi kebutuhan anak sejak masa kehamilan sampai usia anak 2 tahun! Dengan mencukupi kebutuhan anak, akan semakin banyak jaringan saraf yang tersambung dan makin cepat anak menangkap informasi. Dengan memberikan gizi melalui makanan seha, proses perkembangan pun akan semakin sempurna dan anak akan tumbuh cerdas.

Anjuran Khusus Zat Gizi untuk 1000 Hari Pertama

Ibu Hamil dan Menyusui

  • Energi sejak trimester ke 2 perlu ditingkatkan yang didapat dari makanan yang berlemak, mengandung karbohidrat tinggi seperti nasi, roti, kentang, mie, dan yang mengandung protein baik hewani dan tumbuh-tumbuhan
  • Protein ditingakatkan dengan menambah konsumsi protein hewani seperti ayam, ikan, daging, telur, susu dan protein nabati yaitu dari kacang-kacangan.
  • Sumber vitamin A dapat diambil dari hati, telur, sayuran dan buah berwarna kuning, sayura berwarna hijau, minyak dan produk lain yang difortifikasi.
  • Zat besi yang berasal dari hewani didapat dari daging berwarna merah, unggas, ikan, makanan yang difortifiaksi, kacang-kacangan dan daun sayuran berwarna hijau
  • Asam folat banyak ditemukan dalam daun sayuran berwarna hijau, kacang-kacangan, dan hati.

Bayi

Makanan bayi terbaik sampai saat ini adalah ASI eksklusif, tentunya yang berasal dari ibu menyusui dengan gizi yang baik.

Makanan Sehat Untuk anak Pra Sekolah (1-6 tahun)

Anak umur 1-6 tahun. Kelompok ini mempunyai karakteristi: Pertumbuhan tidak secapat masa bayi, aktivitas yang banyak, dan sangat mudah menderita kekurangan gizi dan terkena penyakit infeksi.

Apakah Makanan Sehat?

Makanan sehat adalah makana yang cukup dan seimbang serta dapat menunjang tumbuh kembang anak

Apakah Makanan Seimbang?

Makanan seimbang adalah makanan yang beraneka ragam mengandung semua unsur zat-zat gizi yang diperlukan untuk tumbuh kembang anak

1-3 tahun

– Makanan tegantung dari ang disediakan ibu

– Makanan bertahap mulai dari lunak

– Diarahkan mengikuti pola makan orang tua

4-6 tahun

– Telah aktif memilih makanan yang disukai

– Dapat diberikan pendidikan gizi di rumah

– Terapkan kebiasaan makan yang baik

– Makanan teratur

 

Comments are closed.

%d bloggers like this: