RSHS bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDAI) Jawa Barat pada Senin 23 Juli 2018 menyelenggarakan peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2018 yang mengusung tema nasional “Anak Indonesia, Anak GENIUS ( Gesit, Empati, Berani, Unggul dan Sehat)”.

Wajah-wajah ceria tampak nyata terlihat pada pembukaan acara peringatan HAN ini. Dirut RSHS, dr. Nina Susana Dewi tampak melebur bernyanyi bersama dengan anak-anak. Dirut mengajak agar anak-anak Indonesia khususnya peserta peringatan HAN ini agar tetap semangat. Harapannya, semua anak-anak Indonesia sehat untuk meraih kualitas hidup yang lebih baik.

Usai pembukaan acara, kegiatan yang digagas KSM Ilmu Kesehatan Anak ini menyuguhkan pentas seni dari para pengisi acara yaitu para pasien anak yang ternyata sarat dengan talenta. Pengisi acara pentas seni ini adalah pasien-pasien anak yang berasal dari berbagai komunitas seperti komunitas Kanker Anak, Thalassemia, Hemofilia, Lupus, Diabetes, Autis, Down Syndrom hingga komunitas penyakit langka Osteogenesis Imperfecta, dsb yang sebagian besar merupakan pasien RSHS. Saat tampil, para pasien anak ini tengah berada dalam kondisi kesehatan yang baik.

Dengan penuh semangat, anak- anak ini memperlihatkan kebolehannya dalam menari tradisional dan bermusik. Penampilan mereka yang apik ini sebenarnya bukan tanpa halangan karena di sisi lain mereka mempunyai tantangan yang besar yaitu penyakit yang diderita. Namun hal ini tidak menyurutkan keinginan mereka untuk ikut berkarya.

Kepala KSM Ilmu Kesehatan Anak, Dr. dr. Susi Susanah Sp.(A).,M.Kes mengungkapkan bahwa peringatan ini selain diperuntukkan bagi semua anak Indonesia juga didekasikan pasien-pasien anak di RSHS. “Pada dasarnya betul memang HAN ini diperuntukkan bagi seluruh anak-anak, namun kami di rumah sakit saat ini berfokus untuk menghibur pasien-pasien anak yg sedang berobat di RSHS. Intinya pada hari ini kita ingin memberikan kegembiraan bagi mereka” Ungkapnya. Senada dengan dr. Susi, Ketua IDAI Jabar dr. Aris Primadi, Sp.A(K) mengungkapkan bahwa dengan kegiatan ini, diharapkan anak-anak ini mempunyai kesempatan dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal.

Peringatan HAN di RSHS berlangsung lancar dan cukup meriah. Selain pentas seni dan aneka lomba,  dalam acara ini juga diperkaya dengan kegiatan edukasi bagi anak tentang kebiasaan baik menyikat gigi secara benar oleh KSM Ilmu Kesehatan Gigi dan Mulut serta pemberian edukasi tentang Hand Hygiene dari Tim PPI RSHS. Tak hanya itu, kegiatan pemberian motivasi, story telling, bazaar hasil kreasi pasien anak, dll juga ikut menyemarakkan peringatan ini. ***

 

 

Comments are closed.

%d bloggers like this: