Percaloan yang dilakukan oleh oknum yang mengatasnamakan petugas dan dokter rumah sakit gakibatkan kerugian pada konsumen. Keadaan ini menjadi perhatian khusus dari manajemen RSUP dr. Hasan Sadikin (RSHS) karena bila hal tersebut terjadi di RSHS, akan dapat meresahkan dan mengganggu kenyamanan pelanggan serta menurunkan citra RSHS.

Untuk mencegah terjadinya praktek percaloan, manajemen RSHS tengah berproses dalam upaya-upaya antisipasi; yaitu Membentuk tim pencegahan pungli atau calo, Penambahan kamera CCTV di tempat-tempat yang terindikasi rawan terjadi percaloan, Memperbanyak informasi tentang kewaspadaan terhadap praktik percaloan ( Larangan tindakan percaloan dan memperjelas informasi alur/prosedur pelayanan), Pemberian sanksi yang tegas bagi pegawai RSHS apabila ada yang terlibat percaloan, Menjalin kerja sama dengan pihak kepolisian untuk mendapat pendampingan dalam pemberantasan percaloan dan menjaga keamanan serta ketertiban di RSHS.

Memberantas praktik percaloan tidak akan berhasil tanpa kerjasama dan dukungan dari pasien / keluarga pasien dan masyarakat pada umumnya. Oleh karena itu RSHS menghimbau kepada seluruh masyarakat agar :

  1. Jangan percaya terhadap tawaran-tawaran mempercepat/mempermudah proses pelayanan di RSHS atau mendaftar rawat jalan maupun rawat inap dari orang tidak bertanggungjawab, apalagi yang meminta sejumlah uang. RSHS tidak pernah meminta pembayaran melalui telpon atau dari perorangan. Semua pembayaran dilakukan di loket bank mandiri yang berada di area pelayanan RSHS.
  1. Hendaknya pasien / keluarga melakukan semua proses pelayanan sesuai prosedur yang berlaku, bertanya kepada petugas rumah sakit atau petugas informasi bila ada proses / prosedur yang tidak dimengerti, jangan kepada orang lain yang belum tentu mengerti permasalahan.
  1. Gunakan fasilitas Contact Center ( 022-2551111) untuk melakunan pendaftaran Rawat Jalan (reservasi bagi pasien lama), mendapatkan informasi dan menyampaikan keluhan / saran.
  1. Gunakan aplikasi “RSHS Go”. Aplikasi dapat diunduh di playstore telepon pintar masing-masing, gunakan untuk pendaftaran pasien rawat jalan.
  1. Pasien / Keluarga mendaftar langsung ke Admission Center untuk reservasi rawat inap.

Jika masyarakat menemukan atau mencurigai adanya tindak percaloan atau pungli segera laporkan kepada tim pencegahan pungli atau calo RSHS dengan menghubungi (022) 2551111 / SMS Hotline: 08112335555, adapun apabila terjadi percaloan pada saat sedang menjalani pelayanan di RSHS, harap segera melaporkan ke petugas keamanan terdekat.

Comments are closed.

%d bloggers like this: