Tepat pada jam 06.00, sekitar 1000 orang keluarga besar RSHS sudah berkumpul di lapangan parkir Instalasi Rawat Jalan RSHS. Sebagian menggunakan sepeda, sebagian lagi sudah berderet rapi dengan motornya masing-masing, dan sebagian besar telah siap mengikuti acara jalan santai. Alhasil, gelombang manusia berkaos putih biru memadati Jl. Eijckman, Jl. Rumah Sakit, Jl. Cipaganti dan beberapa jalan lain yang dilalui. Begitulah pemandangan di pagi hari tanggal 27 November 2011. Pasalnya, hari itu adalah puncak peringatan HUT RSHS yang ke 88.

Setelah berjalan santai, kegiatan dilakukan dengan panggung gembira yang menampilkan kesenian khas Jawa Barat serta apresiasi bagi para pemenang lomba yang telah diselenggarakan selama 1 bulan. Wakil Menteri Kesehatan RI, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Direksi dan Pengawas RSHS, Direktur Perencanaan dan Produksi Biofarma, Direktur RSP Mata Cicendo, dan tamu Undangan lain turut memeriahkan acara ini.

“Semoga di hari jadi yang ke-88 ini, RSUP dr. Hasan Sadikin dapat terus meningkatkan pelayanan yang aman, berkualitas serta terjangkau bagi masyaraka luas”, Ujar Wamenkes dalam sambutannya. Beliau menambahkan, sebagai RS Pendidikan, terutama Sumber Daya Manusia di Rumah Sakit untuk bersama-sama meningkatkan mutu pelayanan kesehatan sesuai dengan etika dan standar profesi masing-masing.

Senada dengan Wamenkes, Gubernur Jabar yang diwakili Kadinkes Jabar juga mengucapkan selamat dan doa bagi RSHS. “Semoga dengan bertambahnya usia, RSHS akan semakin berjaya, semakin eksis dalam kiprahnya memajukan pembangunan pelayanan kesehatan di Indonesia, khususnya di Jawa Barat.

Setelah pembangunan yang dimulai pada tahun 1922, RSHS diresmikan pada tanggal 15 Oktober 1923. Dalam peringatan HUT yang ke 88 ini RSHS menyelenggarakan berbagai acara. Dimulai dari baksos keliling puskesmas di kota Bandung, Kegiatan Ilmiah, Penyuluhan-penyuluhan, bazaar, lomba fotografi, poster, K3, paduan suara, futsal, tenis meja, essay, menggambar dan mewarnai.

Ketua panitia, dr. Primal Sudjana menyampaikan agar momentum peringatan HUT RSHS ini dimanfaatkan untuk memotivasi seluruh pegawai RSGS untuk bersama-sama mewujudkan RSHS menjadi Rumah Sakit kelas dunia, tentunya dengan melaksanakan kaidah-kaidah pelayanan kesehatan yang beroroentasi pasien.

Selamat ulang tahun RSHS, 88 tahun berkiprah bagi masyarakat, dan akan selalu berkiprah.

Comments are closed.

%d bloggers like this: