20170810_130814

RSHS berkesempatan menjadi nara sumber dalam Webinar Diskusi Ilmiah pada Kamis (10/08) 2017.  Dalam webinar ini, Ketua Tim Penanggulangan Kanker RSHS dr.R. Maman Abdurrahman Sp.B-Onk (K) mempresentasikan tentang Implementasi Pelayanan Onkologi Terpadu di RSUP dr. Hasan Sadikin Bandung. Webinar ini diikuti oleh 22 rumah sakit di seluruh indonesia.

Dalam presentasinya, dr. R. Maman Abdurrahman Sp.B-Onk (K) mengungkapkan bahwa jumlah kunjungan pasien kanker ke baik ke rawat jalan atau rawat inap RSHS kian hari dari tahun 2018 hingga 2015 trennya semakin meningkat.

Peran rumah sakit dalam pengendalian kanker yaitu untuk promosi dan edukasi sebagai pencegahan primer, deteksi dini dan tindak lanjut deteksi dini, diagnosis yang tepat dan akurat, pengobatan yang sesegara mungkin dan tepat, surveillans dan registrasi kanker serta perawatan paliatif dan rehabilitasi.  Kondisi Pelayanan Onkologi Terpadu RSHS saat ini salah satunya adalah banyaknya antrian penderita kanker yang memerlukan pelayanan dan adanya ketidakseimbangan antara sarana dengan jumlah penderita kanker.

Tim penanggulangan kanker RSHS sendiri sudah ada sejak tahun 1972 dengan kegiatan meliputi penyuluhan, promotif/preventif, diagnostik, terapi, rehabilitatif, paliatif dan registrasi kanker. Program-program tersebut diimpelmentasikan dengan kegiatan  fun run, talk show, seminar, pelatihan, pelatihan, dan pertemuan multidisplin.

RSHS sebagai rumah sakit pusat rujukan nasional yang ada di Jawa Barat saat ini mempunyai rumah sakit-rumah sakit jejaring yang berasal dari kabupaten Bogor, Kota Sukabumi, Kota Cirebon, Tasikmalaya, Kabupaten Karawang, Kabupaten Bandung dan Kota Cimahi. Pada rumah sakit-rumah sakit  jejaring ini sering dilakukan pembinaan melalui seminar/ webinar dan MOU Pelayanan Kemoterapi dan pelayanan lainnya. ***

Comments are closed.

%d bloggers like this: