Lansia, Sehat dan Bahagia

Apakah anda berusia 45 s.d 59 tahun? Bila iya, maka anda termasuk kedalam golongan “Pra usia lanjut“ atau pra lansia. Masa ini adalah periode penting dalam kehidupan manusia sebagai masa persiapan diri menghadapi usia lanjut agar tetap sehat, mandiri dan produktif. Sebagai gambaran, pada periode ini biasanya akan terjadi penurunan fungsi fisik, persiapan diri menghadapi pensiun dan untuk kaum wanita akan memasuki masa berhentinya haid (menopause). Meskipun demikian namun masa-masa ini adalah masa produktif dengan puncak karir.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar tetap sehat , yaitu :

  • Membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat dengan cara :
  • Latihan fisik/olahraga secara benar, teratur dan sesuai kemampuan
  • Mengatur makanan dengan gizi seimbang sesuai kebutuhan. Membatasi konsumsi garam, gula dan lemak serta memperbanyak sayuran dan buah-buahan
  • Tetap memelihara kehidupan seks yang sehat
  • Pemeriksaan kesehatan secara berkala (setiap 1-3 bulan sekali di kelompok usia lanjut/Puskesmas/Dokter Praktek)
  • Meningkatkan iman dan taqwa
  • Setia pada pasangan yang sah
  • Memelihara dan meningkatkan keharmonisan dalam keluarga
  • Aktif dalam kegiatan sosial di lingkungan
  • Mengembangkan hobi/kegemaran yang bermanfaat
  • Sediakan waktu untuk rekreasi
  • Mempersiapkan tabungan untuk hari tua
  • Berpartisipasi dalam program dana sehat, koperasi di lingkungannya
  • Ikut serta dalam asuransi sedini mungkin apabila memungkinkan

Jangan anggap remeh dengan pemeriksaan kesehatan. Sekecil apapun pemeriksaan kesehatan dilakukan, maka akan sangat berguna bagi kehidupan anda. Pemeriksaan kesehatan yang perlu dilakukan meliputi :

  • Tinggi dan berat badan
  • Tekanan darah
  • Mata jantung
  • Telinga, hidung dan tenggorok
  • Gigi dan mulut
  • Kadar gula dalam darah/ urine
  • Kadar haemoglobin (Hb)
  • Kolesterol
  • Pap’s smear test bagi wanita
  • Pemeriksaan kesehatan dapat dilakukan di Kelompok Usia Lanjut, Puskesmas, dokter keluarga/praktek swasta/rumah sakit dan lain-lain sesuai situasi dan kondisi setempat.

Selain pemeriksaan kesehatan, ada beberapa hal yang juga harus dihindari oleh mereka yang memasuki pra usia lanjut. Hal-hal yang harus dihindari tersebut yaitu : kebiasaan merokok, minum-minuman keras, makan berlebihan, tidur tidak teratur dan malas berolahraga.

 

 

( sumber : Depkes RI )

 

Comments are closed.

%d bloggers like this: