“Sehat itu mahal”, suatu kalimat yang sering dilontarkan orang untuk menggambarkan betapa mahalnya biaya berobat. Namun pepatah ini sebetulnya tidak akan berlaku jika setiap orang melakukan tindakan preventif (pencegahan) terhadap penyakit. Dengan tindakan preventif seperti melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), maka mejadi sehat itu adalah Mudah dan Murah. Banyak hal-hal ringan dan sering dianggap sepele namun ternyata bermanfaat besar bagi kesehatan kita. Selengkapnya silahkan ikuti terus di website RSHS ini ya..

Anda Ingin Sehat?, Tertawalah !

Sebagian dari kita mungkin seringkali menahan diri untuk tertawa lepas karena malu atau risih. Tanpa kita sadari, ternyata tertawa lepas adalah hal yang sangat menyehatkan. Betapa tidak, tertawa lepas  mempunyai beberapa manfaat sehat . Saat kita tertawa, secara langsung tubuh melepas hormon bahagia yang dapat menekan hormon stres sehingga membuat tubuh lebih rileks. Selain itu, tertawa lepas juga akan membuat sistem imun tubuh kita menjadi lebih baik.  Bagi anda yang suka mengalami susah tidur, tertawa lepas  juga bisa menjadi solusi. Dengan tertawa lepas di siang hari, maka dimalam harinya anda akan tidur lebih nyenyak.  Oleh karena itu mulai hari ini, tertawalah dengan lepas ya, tapi tentunya disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang tepat.

Ternyata Menguap Bisa Menular

Biasanya, orang akan menguap disaat dirinya merasa mengantuk, lelah, bosan dan malas. Selama ini ada mitos bahwa menguap itu bisa menular. Percaya atau tidak, bisa jadi mitos tersebut memang benar adanya. Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh seorang guru besar psikologi di Universitas Dexter, Philadelphia, USA, Steven Platek mengungkapkan bahwa ternyata menguap itu memang bisa    menular karena adanya empatetik dalam aktifitas tersebut. Hasil dari penelitian ini seolah-olah “membenarkan” mitos bahwa menguap itu bisa menular. Efek penularan menguap itu bukan hanya muncul dari penglihatan, tetapi juga melalui pendengaran, membaca artikel tentang menguap atau bahkan berfikir tentang menguap.

Jangan Remehkan Berkedip

Tahukah anda rutinitas kecil apa yang paling sering kita lakukan sepanjang hidup?, jawabannya adalah berkedip. Seringkali kita tidak menyadari betapa pentingnya berkedip. Tidak dapat dibayangkan apa jadinya bila mata kita tidak bisa berkedip. Dengan berkedip, mata akan selalu bersih karena debu dan kotoran akan segera hilang. Selain itu, berkedip juga bisa melembabkan permukaan bola mata yang kering akibat aktivitas berkomputer dan paparan sinar matahari. Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita bersyukur kepada Allah yang telah menganugrahkan kita “aktivitas kecil” nan berguna ini.

(dari berbagai sumber)

Comments are closed.

%d bloggers like this: