Selasa 20/03/12, saat morning report di RSHS pukul 08.00, disampaikan bahwa kondisi terakhir Wanda Wandi setelah operasi pemisahan cukup bagus. Setelah melewati proses operasi pemisahan sekitar 8 jam, bayi Wanda cukup stabil dengan pernafasan yang baik, sedangkan Wandi mendapat beberapa masalah namun dapat diatasi dengan baik, hanya saja waktu penyelesaiannya yang lebih lama hingga sekitar pukul 16.00.

Suasana konfrensi pers pasca operasi pemisahan bayi Wanda Wandi di lecture room RSHS, 20 Maret 2012

Suasana konfrensi pers pasca operasi pemisahan bayi Wanda Wandi di lecture room RSHS, 20 Maret 2012

dr. Ike Sri Redjeki Sp.An menyampaikan, setelah operasi, memang kondisinya tidak terlalu stabil, tetapi sesudah jam 9 malam kondisinya relatif stabil. Persoalan yang ada tadi malam yaitu suhu bayi yang panas, namun hal ini biasa diatasi. Adapun penanggulangan antisipasi agar tidak terjadi infeksi, akan diberikan antibiotik dalam waktu yang lama. Sesuai pengalaman operasi serupa, masa kritis akan berlalu hingga 7 hari. “Jika setelah tujuh hari tidak ada halangan yang berarti, insyAllah Wanda-Wandi akan survive”

Saat ini, Wanda-Wandi diberikan makanan yang dimasukkan melalui selang lambung, mereka juga belum sadar karena sengaja ditidurkan agar tidak terasa sakit. Sedikit demi sedikit, alat bantu nafas diturunkan agar ketika alat bantu nafas dilepas pasien dapat merasa nyaman.

Prof U. Kaswian sebagai Ketua Tim  juga menyampaikan, saat ini Wanda Wandi ditempatkan di ICU dengan kondisi yang relatif stabil. Untuk itu, Tim dan segenap karyawan RSHS memohon doa agar perkembangan Wanda-Wandi dapat selalu baik, dan melewati masa krisis tanpa adanya gangguan yang tidak terlalu berarti.

Comments are closed.

%d bloggers like this: