Kunjungan Presiden RI, Ir. Joko Widodo ke Rumah Sakit Hasan Sadikin (22/04) membuat para pasien yang sedang berobat sumringah. Jokowi datang ke RSHS mengenakan kemeja putih lengan panjang, didampingi Gubernur Jawa Barat dan staf ahli. Banyak pasien yang berebut meminta bersalaman dan berswafoto. Kepada Direktur Utama RSHS, dr. R. Nina Susana Dewi Sp.P(K), M.Kes, MMRS, Presiden menyampaikan, kunjungannya kali ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan BPJS yang ada di RSHS.

Untuk mengetahui kepuasan pasien RSHS Jokowi langsung menuju Pusat Pengendalian Pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional (P3JKN) dan Pengendalian Fraud untuk bertanya kepada sejumlah pasien mengenai pelayanan yang ada. Hampir semua pasien yang disapa oleh Jokowi menyampaikan bahwa pelayanan BPJS di RSHS baik, banyak obat dan tindakan yang tidak tercover oleh BPJS namun diajukan ke P3JKN RSHS dan di setujui oleh pihak RSHS sehingga pasien yang berobat ke RSHS tidak mengeluarkan biaya.

Begitupun mengenai sarana dan kualitas pelayanan. Salah satu pasien kanker di ruang rawat inap Kemuning Lt 3 menyampaiakan apresiasi positif. “Di RSHS pelayanan BPJS dan Umum tidak dibedakan pak, pelayanannya baik,” Ujar salah satu bapak setelah meminta ijin Paspampres untuk bersalaman.

Setelah menjenguk beberapa pasien, Jokowi melanjutkan perjalanan melihat fasilitas dan berlanjut ke Cardiac Center untuk meninggalkan RSHS. Sebelum menaiki mobilnya kepada para jurnalis yang telah menunggu, Jokowi menyampaikan, “Saya lihat antrian di BPJS sudah berjalan cepat dan baik, saya tanya apakah ada keluhan mereka jawab tidak ada, kemudian saya mengunjungi ruang perawatan kelas 3, saya mendengar sendiri pasien menyampaikan tidak ada keluhan, karena saya mendengar banyak suara, saya mau kroscek saja. Ternyata di RSHS tidak ada masalah, manajemen baik, fasilitas juga baik,” Ungkapnya.

Ditempat yang sama Dirut RSHS menyatakan, sepanjang jalan direksi memberikan data kepada presiden,  informasi yang diberikan diantaranya bahwa RSHS melayani pasien BPJS sekitar 89,9 %, dan alhamdulillah dapat dilayani dengan relatif baik. “Masyarakat tidak kita arahkan untuk menjawab, tapi alhamdulillah ternyata semuanya secara spontan memberikan testimoni positif, sehingga Presiden mengapresiasi kinerja RSHS,” Terangnya.

Senada dengan Dirut, Direktur Medik & Keperawatan dr. Nucki Nursjamsi Hidayat Sp.OT(K) menyampaikan, “Yang terlihat tadi kami mendapat kesan positif dari Pak Presiden. Itu merupakan apresiasi bagi kita, di semua lapisan. Baik itu cleaning service, keamanan, perawat, semuanya, sampai ke Direktur, dan semoga menambah semangat kita berbuat yang lebih baik”.

Setelah melakukan wawancara dengan para jurnalis, presiden Jokowi meninggalkan RSHS dan dikabarkan akan menuju Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia di Trans Luxury Hotel, Jl. Gatot Subroto, Bandung.

Comments are closed.

%d bloggers like this: