Presiden Jokowi kunjungi RSHS, Kamis (22/02) 2018. Rombongan RI 1 tiba di RSHS pukul 13.00 dan  langsung disambut oleh pasien dan keluarga pasien di RSHS yang berlomba-lomba ingin melihat orang nomor satu di Indonesia ini secara lebih dekat.

Pada kunjungan ini, Presiden berkesempatan mengunjungi beberapa pelayanan RSHS. Pusat Pengendalian Pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional (P3JKN) dan Pengendalian Fraud  RSHS merupakan tempat pertama yang dikunjungi presiden dimana disini merupakan tempat pelayanan untuk pasien BPJS secara terpadu. Presiden Jokowi mengapresiasi sistem penanganan komplain pasien di RSHS yang sudah baik.  Setelah P3JKN, presiden juga meninjau poliklinik Rawat jalan RSHS dan menyempatkan diri untuk menyapa pasien-pasien disana.

Setelah melihat pelayanan di poli rawat jalan, giliran pasien di ruang perawatan gedung kemuning lt 3 yang mendapat kunjungan. Disini, Presiden bertanya pada pasien-pasien yang mayoritas adalah pasien kanker ini tentang pelayanan yang mereka terima di RSHS.

Dalam statementnya kepada awak media, Presiden Jokowi yang didampingi Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan  mengungkapkan bahwa kunjungannya ke RSHS adalah untuk melihat bagaimana pelaksanaan pelayanan kesehatan terhadap pasien BPJS yang selama ini berlangsung di lapangan. Presiden ingin memastikan bahwa pasien-pasien BPJS di rumah sakit pemerintah sudah dilayani dengan benar. “Saya hanya ingin kroscek saja, … ya manajemen kontrol dan manajemen pengawasan” ungkapnya. Setelah melihat sendiri bagaimana kualitas pelayanan yang diberikan pada pasien BPJS, Presiden Jokowi menghargai upaya-upaya RSHS untuk mewujudkan kualitas pelayanan yang baik tersebut apalagi ternyata di RSHS melayani 89,9% pasien BPJS. Kepada manajemen RSHS, presiden berpesan agar RSHS meneruskan kerja yang sudah baik ini.

Sementara itu, Direktur Utama RSHS, dr. R. Nina Susana Dewi, Sp.PK(K).,M.Kes.,MMRS mengungkapkan bahwa RSHS merasa bersyukur karena mendapat kesempatan untuk dikunjungi Sang Presiden. “ Alhamdulillah, Bapak (red. Presiden) sangat menghargai upaya RSHS dalam melayani pasien BPJS, Beliau sangat mengapresiasi kinerja kita “ ungkapnya.

Setelah puas melihat pelayanan-pelayanan di RSHS, sekitar pukul 14.00 Presiden dan rombongan meninggalkan RSHS. Kunjungan Presiden ke RSHS merupakan rangkaian dari agenda kegiatan presiden di Bandung.***

 

 

 

Comments are closed.

%d bloggers like this: