pengarahan pecegahan dan penanggulangan kebakaran oleh Dinas Kbakaran Kota Bandung di Ruang Pertemuan COT-RSHS

Pengarahan pecegahan dan penanggulangan kebakaran oleh Dinas Kebakaran Kota Bandung di Ruang Pertemuan COT-RSHS

Komite Mutu & K3 RS bersama Diklit RSHS mengadakan Pelatihan Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran di Ruang Pertemuan COT, 6-8 Maret 2011. Ketua Komite Mutu & K3 RS dr. Ina Rosalina Sp.A(K) mengatakan, tujuan pelatihan ini adalah agar pegawai RSHS dapat mengetahui dan melaksanakan prosedur pencegahan dan penanggulangan kebakaran sesuai dengan standar keselamatan bahaya kebakaran.

Materi yang disampaikan diantaranya Peran dan fungsi Organisasi Tim Bencana di RSHS, Sarana Proteksi Kebakaran di RSHS, Komunikasi dalam keadaan darurat, Pengamanan kebakaran pada gedung bertingkat, Sistem Evakuasi Kebakaran, Sistem Proteksi Kebakaran, Praktek pemadaman api di kelas, Praktek pemadaman tradisional, Praktek pemadaman menggunakan hydran, Hospital disaster manajemen, Manajemen evakuasi pasien, dan pelaksanaan simulasi kebakaran.

Kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahun ini dimulai dengan pemaparan materi dan dilanjutkan dengan simulasi yang diadakan di Gedung Kemuning. Sekitar 50 peserta pelatihan mengikuti acara ini yang terdiri dari berbagai unit kerja di RSHS. Sementara saat simulasi sekitar 150 pegawai dilibatkan.

salah seorang peserta pelatihan sedang melakukan praktek penguunaan APAS (Alat Pemadam Api Sederhana). Karung yang telah dibasahi terlebih dahulu dapat memadamkan api ringan jika cara penggunaannya benar.

salah seorang peserta pelatihan sedang melakukan praktek penguunaan APAS (Alat Pemadam Api Sederhana). Karung yang telah dibasahi terlebih dahulu dapat memadamkan api ringan jika cara penggunaannya benar.

Menurut data dari Koordinator K3, Sri Haryani, SKM, MK3, pelatihan ini dirintis sejak tahun 2004 dengan peserta 500 orang (pelatihan menggunaan Alat Pemadaman Api Ringan (APAR)). Hingga tahun 2011 ini, telah dibina 13 angkatan. Angkatan kedua di tahun 2011 direncanakan akan diadakan pada bulan November 2011 dengan simulasi di area perkantoran RSHS. Semoga pelatihan ini dapat diselenggarakan secara periodik dengan jumlah peserta dapat ditingkatkan agar semua karyawan RSHS dapat terlatih dan lebih waspada terhadap bahaya kebakaran yang bisa datang kapan saja.

Comments are closed.

%d bloggers like this: