Jakarta, (7/5). RSUP dr. Hasan Sadikin mendapatkan penghargaan Indonesia Healthcare Most Reputable Brand dari Onbee Research, Hachiko-Net Promoter Consultan dan Majalah SWA yang disampaikan di Hotel Shangri-La Jakarta. Menurut rilis yang disampaikan majalah SWA, pemilihan RSHS menjadi salah satu pemenang ini berdasarkan survey yang dilakukan terhadap 2917 responden di tujuh kota besar di Indonesia, yakni Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Makassar, Medan dan Denpasar.

Kriteria penilaian untuk menghasilkan sebuah brand reputation meliputi brand equity, customer loyalty, dan customer experience. Brand equity bisa diukur melalui iga poin utama, yaitu perceived quality, innovation dan image. Customer loyalty diukur melalui rekomendasi yang diberikan oleh responden. Sedangkan customer experience diukur lewat penilaian moment of truth antara responden dengan perusahaan.

CEO Onbee Research, Sumardy menyatakan menyampaikan bahwa berdasarkan hasil survey, para pelaku bisnis industri farmasi dan kesehatan harus semakin meningkatkan kualitas pelayanan mereka lewat pengalaman pelanggan. “Hasil riset menemukan bahwa salah satu faktor utama pasien/pelanggan dalam merekomendasikan merek-merek perusahaan di industri kesehatan adalah kualitas pelayanan pelanggan yang diberikan,” ujarnya.

Penghargaan ini memberikan apresiasinya dalam 10 kategori, yaitu rumah sakit swasta, rumah sakit pemerintah, rumah sakit ibu dan anak, apotek, laboratorium kesehatan, beauty center, eye center, perusahaan farmasi, alatbantu pendengaran, dan asuransi kesehatan.

Selain RSHS, beberapa rumah sakit lain yang mendapatkan penghargaan serupa adalah RSUP Fatmawati Jakarta, RSUP Dr. Kariadi Semarang, RSU Dr. Soetomo Surabaya, RSUP dr. Wahidin Sudirihusodo Makassar, RSUP dr. Pirngadi Medan, dan RSUP Sanglah Bali.

 

Comments are closed.