Peringatan HKN ke-50

Begitulah subtema dari peringatan Hari Kesehatan Nasional(HKN) ke-50. dalam kesempatan ini para penyelenggara pelayanan kesehatan seperti Dinas Kesehatan dan beberapa Unit Pelayanan Teknis menyelenggarakan Upacara HKN untuk sama-sama memperingati dan meresapi makna dari HKN ini. Menteri Kesehatan Prof. DR. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M(K) mengamanatkan sambutannya untuk dibacakan di setiap penyelenggaraan upacara HKN di seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya dr. Nila Moeloek menyampaikan bahwa tema HKN ke-50 ini adalah Indonesia Cinta Sehat dengan subtema “Sehat Bangsaku, Sehat Negeriku”. Pemilihan tema ini memiliki makna penting yakni menjadikan budaya hidup sehat adalah bagian dari keseharian bangsa ini, disamping harapan bersama akan kondisi sehat untuk kita semua sebagai satu bangsa yang makin bermartabat.

Ia juga menjelaskan, agenda pembangunan kesehatan tahun 2015-2019 adalah mewujudkan akses dan mutu pelayanan kesehatan yang semakin mantap. Untuk mewujudkannya diperlukan kebersamaan semua pemangku kepentingan, komitmen yang kuat, dan kepemimpinan yang konsisten baik di tingkat Nasional maupun di tingkat Daerah.

Peningkatan tekad dan semangat akan pentingnya kesehatan menjadi salah satu hal yang ditekadkan. dr. Nila menyampaikan, dalam mewujudkan visi pemerintah periode 2014-2019, Menteri meminta perhatian terhadap beberapa hal, yaitu:

1. Orientasi pembangunan kesehatan harus didorong pada aspek-aspek promotif dan preventif tanpa melupakan aspek kuratif dan rehabilitatif.

2. Pendekatan sasaran pokok pembangunan kesehatan adalah ibu hamil, bayi dan balita, anak usia sekolah dan remaja, pasangan usia subur, serta usia lanjut khususnya di daerah populasi tinggi, terpencil, perbatasan, kepulauan dan rawan bencana.

3. Diperlukan pelibatan aktif dari akademisi, komunitas, pelaku usaha & pemerintah sebagai satu kesatuan team work sebagai bentuk tanggungjawab bersama akan masa depan bangsa khususnya kualitas sumberdaya manusia yang mampu bersaing dengan bangsa lain.

4. Pola kepemimpinan perlu berubah dari pasif menjadi aktif merospo dan mengantisipasi persoalan yang ada, dari yang sifatnya directive menjadi colaborative; dari yang sifatnya individualism menjadi teamwork, dan dari yang sifatnya serve menjadi care

5. Tata kelola program dan administrasi terus menerus kita tingkatkan kearah yang lebih baik, melali sinergitas pusat dan daerah, satu kesatuan siklus manajemen, yakni perencanaa, penganggaran, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi sampai pada pertanggungjawaban dan pengadministrasian.

Sambutan selengkapnya dapat dilihat di link berikut ini

Sambutan Menteri Kesehatan

========================================

Disampaikan oleh:

Subbag Humas & Protokoler

Rumah Sakit Umum Pusat dr. Hasan Sadikin

Phone: (022) 2551101

email: [email protected]

FB: Rumah Sakit Hasan Sadikin

 

Comments are closed.

%d bloggers like this: