Health Care Associated Infections ( HAIs ) atau infeksi yang berhubungan dengan pelayanan yang berada di Rumah Sakit dan menjadi permasalahan yang serius bagi semua pelayanan kesehatan diseluruh dunia dan di Indonesia, jika di tinjau dari penngkatan data HAIs di Amerika, pertahun mencapai 1.700.000 ( Documented Cases of Hospital HAIs Annually ), dan dapat menyebabkan kematian dengan kontribusi sebesar 99.000  (Patient Deaths Attributable to HAIs) dengan pengeluaran biaya mencapai $28 – $34 miliyar. (Joint Commission International 2013 Accreditation Update, Bangkok 14 – 15 September 2013 ).

Hand Hygiene merupakan salah satu pilar dari kewaspadaan standar dan juga sebagai upaya strategi dalam pelaksanaan patient safety goals ke 5 yaitu Reduce The Risk of Health Care – Associated Infections yang harus dilakukan secara konsisten dan dipantau secara berkesinambungan.

Untuk mendukung gerakan membudayakan Hand Hygiene di RSHS, Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi Rumah Sakit RSUP Dr. Hasan Sadikin menyelenggarakan workshop sehari mengenai Basic Hand Hygiene Audit Update. Workshop ini menghadirkan Narasumber yang handal juga melibatkan salah satu team dari WHO dan salah satu team dari HIPPI yang sudah ahli di bidang Infection Control.

Adapun kegiatan yang ditujukan bagi Stake holder di RSUP Dr. Hasan Sadikin, Dokter Spesialis, Dokter Residen dan Umum, Perawat dan Bidan , Tenaga Kesehatan lain ( Diitesen, Farmasis, Fisioterapi), Pekarya  dan Tata Usaha ini akan diselenggarakan pada 7-8 Mei 2015, bertempat  di Ruang Pertemuan Lantai 5 SMF/Departemen  Ilmu Penyakit Dalam RSHS.

Sebagai rangkaian acara workshop sehari ini, panitia juga menggelar lomba-lomba untuk pegawai RSHS diantaranya lomba poster, kepatuhan hand hygiene, artikel, inovasi dan kreativitas.

Comments are closed.

%d bloggers like this: