(RSHS, 23/01) Tanggal 21-26 Januari 2013 menjadi salah satu momen berharga bagi keluarga besar RSHS. Pasalnya pada Senin – Sabtu mendatang RSHS akan dikunjungi tim Mock Survey sebagai tahapan menuju akreditasi JCI. Mock survey dapat dianggap sebagai gap analysis, yaitu base survey yang akan membantu meneliti seberapa banyak kesenjangan antara standar JCI dengan kondisi yang ada di RSHS. Kemudian hasil Mock Survey akan menentukan saat yang tepat bagi RSHS untuk mengikuti survey JCI yang sesungguhnya.

Tim Mock Survey yaitu Judith Moomjian, Safak Guven, dan Sheila O’leary yang berasal dari JCI USA ini tiba di RSHS pada 21 Januari 2013 lalu. Kegiatan diawali dengan pembukaan yang diselenggarakan di ruang pertemuan SMF IPD, Gedung Fresia lantai 5. Sesi pertama ini akan dihadiri oleh Tim Mock Survey, Observer dari WHO, observer dan konsultan dari Kementerian Kesehatan RI, Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS), Dewan Pengawas RSHS, Direksi RSHS, seluruh Ketua dan anggota Pokja, dan undangan lainnya.

Kegiatan akan dilanjutkan dengan telusur dokumen JCI sesuai pokja masing-masing. Telusur dokumen akan berlangsung setelah makan siang. Seperti metode penilaian/survey pada beberapa Bimbingan teknis (Bimtek) yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu, metode telusur dilakukan dengan survey langsung ke lapangan seperti poliklinik, ruang rawat inap, farmasi, gizi, CSSD, SMF dan unit kerja lain secara random sesuai dengan keinginan surveyor. Oleh karena itu setiap unit kerja tetap berwaspada untuk mempersiapkan diri karena sewaktu-waktu surveyor akan datang.

Proses penilaian biasanya berupa pengamatan secara langsung (pengamatan fisik), pengamatan pelayanan petugas RSHS terhadap pasien dan keluarga pasien, pengamatan prosedur keselamatanpasien, prosedur pemberian pelayanan medis, proses komunikasi dengan pasien dan keluarga pasien, informed consent, prosedur evakuasi bencana dan lain sebagainya.

Selain pengamatan secara langsung, dilakukan juga wawancara kepada petugas maupun pasien sebagai pelengkap penilaian. Hal seperti diatas akan berlangsung selama 6 hari, hingga penutupan pada tanggal 26 Januari 2013 pukul 16.00 WIB di Ruang Pertemuan SMF IPD, Gedung Fresia lantai 5. Ada pun acara-acara lain seperti konsultasi, diskusi, pembahasan masalah, dan beberapa kegiatan lain dilakukan di Ruang Pertemuan Komite Mutu dan Ruang Sidang di sela-sela acara.

Berbagai persiapan telah dilakukan demi menyukseskan Mock survey ini. Satu hal yang perlu kita ingat bersama,pada hakikatnya, seluruh perbaikan ini bukan semata-mata untuk sukses Mock Survey bahkan JCI dan meraih sertifikat. Namun, sebagai trigger untuk mengingatkan, mengevaluasi dan memotivasi kita semua agar selalu memperbaiki pelayanan dan sarananya demi terwujudnya pelayanan prima yang berdasar pada kepuasan pelanggan dan keselamatan pasien.

Comments are closed.

%d bloggers like this: