Kebiasaan merokok menjadi permasalahan yang tidak kunjung habis. Berbagai iklan, artikel, dan edukasi mengenai bahaya merokok nampaknya belum efektif mengubah kebiasaan merokok pada masyarakat. Untuk Anda yang sedang berusaha mengurangi atau berhenti merokok, barangkali tips berikut ini dapat dicoba.

  1. Bulatkan tekad. Yakinkan kembali diri Anda dengan mengurangi rokok maka Anda dan keluarga akan semakin sehat dan dapat menghemat uang.
  2. Publikasikan tekad Anda untuk berhenti merokok, dengan demikian Anda akan mendapat dukungan dari orang-orang di sekitar Anda.
  3. Tetapkan target waktu. Kurangi sedikit-sedikit namun mantap dan konsisten sesuai waktu yang ditetapkan.
  4. Hindari kebiasaan yang akan membuat Anda ingin merokok seperti minum kopi, begadang, berkumpul dengan teman yang merokok.
  5. Siapkan makanan pengganti saat tidak kuat menahan rasa ingin merokok. Makanan pengganti bisa permen, sayuran, buah-buahan, dan lain sebagainya
  6. Cari kesibukkan
  7. Minum lebih banyak air
  8. Pertahankan kebiasaan yang telah mulai terbentuk.
  9. Jika masih belum berhasil, Cobalah bantu dengan akupuntur. Akupunktur adalah metode alami pengobatan ketergantungan nikotin, tanpa rasa sakit dan aman. Dengan satu sampai lima kunjungan akan mengurangi intensitas gejala seperti tekanan psikologis, kecemasan, ketegangan, depresi, dan perasaan kosong yang disebabkan oleh penggunaan obat jangka panjang seperti nikotin. (dari berbagai sumber)

 

Comments are closed.

%d bloggers like this: