Press Release

Orangtua Bima & Arjuna (Robi & Susan) sedang mendoakan Bima-Arjuna sesaat sebelum masuk kamar operasi, RSHS (06/10/2014)

Orangtua Bima & Arjuna (Robi & Susan) sedang mendoakan Bima-Arjuna sesaat sebelum masuk kamar operasi, RSHS (06/10/2014)

RSHS (06/10/2014). Bayi kembar siam Bima dan Arjuna menjalani operasi pemisahan hari ini.  Bayi kembar siam dengan jenis conjoined twin inschiophagus tetrapus ini akan ditangani oleh tim operasi sejumlah 102 orang yang terdiri dari dokter Spesialis Anestesi, Bedah anak, Urologi, Bedah Plastik, Orthopedi, Anak, radiologi, Patologi Klinik, Rehabilitasi medik, Psikologi, ahli Farmasi, ahli Gizi, dan para perawat yang terkait.

Operasi yang diperkirakan akan berlangsung selama 12 jam ini juga dihadiri pula oleh tim kembar siam RS. Soetomo Surabaya yang terdiri dari 1 dokter spesialis Bedah Anak, 1 dokter spesialis Anak, 1 dokter spesialis Urologi, dan 2 dokter spesialis Anestesi.

Tim medis telah memberikan penjelasan mengenai operasi yang akan dilakukan serta kemungkinan-kemungkinan risiko yang dapat terjadi yang tertuang dalam acara penandatanganan inform concent pada hari Rabu, 1 Oktober 2014.

Bima & Arjuna dirawat di RSHS menggunakan Jamkesmas Non Kuota dan mendapat bantuan dari para dokter di RSHS serta pihak lain. Namun, mulai April 2014 pasien telah didaftarkan menjadi anggota JKN BPJS.

RSHS telah merawat pasien bayi kembar siam Bima dan Arjuna selama 1 tahun 9 bulan. Kini berat badan keduanya 16, 2 kg. Kedua bayi laki-laki ini lahir secara normal tanggal 2 Januari 2013 di Cianjur dan di rujuk dari RSUD Cianjur ke RSHS pada hari yang sama. Kini kondisi umum Bima-Arjuna telah baik dan siap menjalani operasi pemisahan. Semoga operasi pemisahan bayi kembar siam Bima-Arjuna berjalan dengan lancar dan mencapai hasil yang maksimal sesuai harapan seluruh pihak.

Subbag Humas & Protokoler

RSUP DR. HASAN SADIKIN BANDUNG

Phone: (022) 2551101

Email: [email protected]

Website: rshs.or.id

Comments are closed.

%d bloggers like this: