RSUP dr. Hasan Sadikin turut ramaikan Pameran Hari Kesadaran Nasional (HKN) ke 52 dan Produksi Alat Kesehatan Dalam Negeri di Jakarta, 18-20 November 2016. Dalam pameran yang dikunjungi banyak masyarakat ini RSHS menyajikan beberapa informasi, yaitu layanan kedokteran nuklir, upaya penanggulangan gizi buruk oleh Dokter dan Ahli Gizi RSHS, serta pelayanan unggulan di Instalasi Pelayanan jantung.

Terkait dengan Kedokteran Nuklir, RSHS membawa informasi tentang Galium 68. Sensitivitas Gallium 68 yang cukup tinggi (sekitar 85%) efektif untuk mendeteksi berbagai tumor, seperti Ga-68 PSMA pada keganasan kanker prostat dan Ga-68 DOTA TATE, NOC dan TOC pada tumor neuroendokrin serta mendeteksi kekambuhan.  Ga-68 dikembangkan secara lebih lanjut oleh Kedokteran Nuklir dan Pencitraan Molekular RSHS, yang merupakan pusat penelitian dan pengembangan radionuklida Ga-68 yang pertama dan satu-satunya di Indonesia. Layanan PET/CT Galium 68 di kedokteran Nuklir dan Pencitraan Molekuler RSHS didukung dokter ahli kedokteran Nuklir, radiofarmasi, sumber daya manusia lainnya yang handal di bidangnya.

Sementara informasi terkait pelayanan Gizi, RSHS menampilkan integrasi antara dokter dengan Ahli Gizi RSHS dalam menanggulangi masalah gizi anak. Senada dengan komitmen pemerintah terhadap gerakan global penanganan gizi (Scaling Up Nutrition) pada anak, RSHS  memiliki tim yang terintegrasi dari berbagai unsur multidisiplin diantaranya dokter anak, ahli gizi, dokter patologi klinik, dokter rehabilitasi medik dalam menangani beban ganda masalah gizi pada anak (kekurangan gizi & kelebihan gizi) secara  komprehensif.

Adapun terkait layanan unggulan instalasi pelayanan jantung, RSHS menampilkan tiga pelayanan yang relatif masih jarang dijumpai di rumah sakit di Indonesia, yaitu beberapa teknologi mutakhir untuk menangani penyakit kardiovaskuler tanpa pembedahan. Intervensi Koroner perkutan dengan ROTABLATOR untuk penyakit arteri koroner; ABLASI ARITMIA yang merupakan terapi kelainan irama jantung; BALLON MITRAL KORONER VALVULOPLASTY untuk penanganan kekakuan katup mitral yang menyempit pada penyakit jantung rematik. Merupakan 3 dari 25 jenis layanan unggulan di Instalasi Pelayanan Jantung RSHS sebagai upaya wujudkan pelayanan prima demi masyarakat sehat.

Informasi penting bagi masyarakat ini disampaikan melalui konsultasi kesehatan gratis dengan dokter spesialis yang dihadirkan di booth. Sebagai hiburan, diselenggarakan juga kuis yang berhadiah menarik bagi sekitar 1000 pengunjung booth, dan foto booth bertemakan mojang dan jajaka RSHS.

Kegiatan pameran kesehatan merupakan momentum yang baik untuk menyosialisasikan berbagai pelayanan yang dimiliki rumah sakit di Indonesia sehingga dapat memudahkan pasien / masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Dalam aspek edukasi, dalam pameran kesehatan dapat di muat nilai-nilai edukasi kesehatan sehingga turut menyuksekan program pembangunan kesehatan di Indonesia. (fit)

Subbag Humas & Protokoler RSUP dr. Hasan Sadikin

Contact Center: (022) 255 1111

Website: rshs.or.id

Comments are closed.

%d bloggers like this: