Anak-anak gemar sekali menyantap jajanan di luar, baik itu di sekolah, di tempat les atau ditempat bermain mereka. Hal ini membuat sebagian orangtua merasa khawatir akan keamanan  jajanan tersebut. Sudah bukan rahasia lagi bahwa di luar sana banyak sekali fenomena jajanan tidak sehat yang mengandung bahan-bahan yang tidak baik bagi kesehatan seperti boraks, pengawet dan pewarna buatan yang tidak aman.

Dedeh, S.GZ,M.KM,RD, Kasie Mutu dan Pelayanan Makan Instalasi Gizi RSHS, menjelaskan bahwa jajanan sehat untuk anak adalah makanan atau minuman yang memenuhi kaidah untuk anak-anak konsumsi. Jajanan tersebut haruslah memenuhi tiga aspek yaitu pertama, sumber dan bahan makanan harus aman, kedua, cara  penanganannya yaitu mulai dari persiapan hingga pengolahan makanan dilakukan secara bersih. Dan ketiga, pendistribusian atau penyajiannya harus memenuhi kaidah penyajian makanan yang aman. Ketiga aspek inilah yang harus diperhatikan dalam mempersiapkan makanan jajanan yang sehat untuk anak.

Hal yang paling bijak adalah ibu menyediakan sendiri makanan sehat untuk anak dirumah. Dengan menyediakan makanan dari rumah, kesehatan anak-anak pun dapat lebih terjaga. Makanan yang diolah dirumah dapat lebih terjamin keamanan dan kebersihannya mengingat pemilihan bahan dan pengolahannya pasti akan sangat kita perhatikan karena kita menyadari bahwa yang akan mengkonsumsi makanan tersebut adalah anak kita sendiri.   Pada makanan yang di beli di luar, mungkin ada sedikit kekhawatiran dalam benak kita dengan makanan tersebut karena kita tidak mengetahui dari mana sumber bahan-bahannya dan cara pengolahannya. Intinya, lebih baik makanan untuk bekal anak ke sekolah ini disiapkan dirumah oleh sang ibu sehingga lebih aman dikonsumsi anak.

Sebenarnya tidaklah sulit untuk mencari bahan karena kita tinggal membeli atau menyediakan makanan yang biasa  sudah ada di rumah. Contohnya pisang keju, bahan-bahan untuk pembuatan pisang keju seperti pisang, keju, susu kental manis dan meises mudah didapat dan sederhana untuk membuatnya serta tidak membutuhkan alat-alat yang banyak.

Bagaimana apabila anak-anak terus bertekad untuk terus jajan diluar ?, untuk menyikapi hal ini sebaiknya anak-anak di bekali edukasi di rumah.  Ketika si anak akan jajan diluar, sarankan anak untuk mengamati apakah kuku si penjual panjang atau tidak, apakah peralatan masaknya bersih, apakah warna makanannya mencolok atau tidak dan lain-lain. Hal ini merupakan bentuk edukasi dari ibu dirumah untuk mengarahkan anak-anak –anak memilih jajanan yang sehat. Selain itu, ibu juga dapat membekali anak tentang informasi mengenai makanan sehat lainnya.***

 

 

Comments are closed.

%d bloggers like this: