Jumlah penderita kanker dapat mengalami peningkatan setiap tahunnya. Bersadarkan data dari GLOBOCAN 2012, diperkirakan terdapat 14,1 juta kasus kanker baru yang muncul. Pada tahun yang sama, terdapat 8,2 juta kematian karena kanker. Angka penderita ini diperkirakan akan meningkat setiap tahunnya dan diperkirakan mencapai 23,6 juta baru per tahun pada 2030.

Ditinjau dari sisi ekonomi, data dari kementerian kesehatan RI menunjukan bahwa pengeluaran negara untuk penyakit kanker adalah kedua tertinggi pengeluaran untuk hemodialisa. Pengeluaran negara untuk kanker pada tahun 2012 adalah sebesar 144,7 milyar rupiah.

Besarnya angka kasus kejadian kanker ini perlu diwaspadai semua pihak. Salah satu upaya yang penting dilakukan untuk mengatasi permasalahan kanker di Indonesia adalah dengan menerapkan perilaku hidup besih dan sehat (PHBS). Momen hari kanker sedunia dapat dimanfaatkan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam menerapkan perilaku PHBS.

Hari Kanker Sedunia diperingati setiap 4 Februari. Tema Hari Kanker Sedunia tahun ini adalah “Kanker is Not Beyound Us” atau Kanker Bukan Diluar Kemampuan Kita. Mendukung program Kementerian Kesehatan, RSHS selenggarakan serangkaian acara.

Kegiatan diawali dengan World Cancer Day (WCD) on The Road, yaitu kegiatan kampanye kepedulian terhadap kanker dengan aksi simpatik turun jalan. Agenda selanjutnya yaitu seminar awam. Informasi medis terkait kanker di Indonesia dirasa masih kurang. Sebagai akibatnya, banyak pasien kanker merasa takut atau enggan untuk menjalani pengobatan medis. Dengan adanya seminar ini semoga masyarakat menjadi lebih peduli untuk berperilaku hidup bersih dan sehat serta mengetahui deteksi dini kanker sehingga angka kejadian kasus kanker di Indonesia dapat ditekan.

Selain World cancer Day on The Road dan Seminar awam, RSHS juga menyelenggarakan program seminar medis, sosialisasi di media kampanye dan bakti sosial. Pastikan Anda berpartisipasi dan menjadi bagian dari gerakan menurunkan angka Kanker di Indoenesia.

Comments are closed.

%d bloggers like this: