Pergantian tahun tak lama lagi akan tiba, dengan demikian musim liburan pun telah menanti.  Sudah siapkah anda mempersiapkan segala sesuatunya?. Untuk berjaga-jaga, tidak ada salahnya anda membawa sebuah kotak P3K mini saat berlibur. Saat anda berlibur ke tempat yang jauh, kotak mini berisi obat-obatan ini akan sangat membantu apalagi bila anda mempunyai penyakit tertentu yang membutuhkan obat-obatan.

Menurut Mary D. Nettleman MD dari Michigan State University, berikut beberapa hal yang perlu Anda bawa :

  1. Obat resep yang sedang digunakan. Jangan lupa memasukkan obat tersebut ke dalam tas atau koper Anda. Untuk berjaga-jaga, bawalah dalam jumlah lebih.
  2. Salep antikuman, khususnya jika Anda hendak mendaki atau ke area yg berisiko membuat Anda terserang malaria. Pilihlah produk yg mengandung DEET untuk memberikan perlindungan maksimal.
  3. Sunscreen dan pelembab bibir. Pilihlah produk dengan SPF 15 atau lebih. Jangan lupa body lotion yg mengandung lidah buaya untuk meredakan kulit yg terbakar sinar matahari.
  4. Obat diare. Pilihlah obat diare yg biasa Anda gunakan. Berkonsultasilah dengan dokter mengenai antibiotik yg perlu digunakan saat mengalami gejala awal diare.
  5. Bagi anda yang memiliki anak kecil, jangan lupa membawa minyak kayu putih atau minyak telon.
  6. Lain-lain. Tidak ada salahnya membawa pereda rasa sakit yg dijual bebas di apotek, pembalut luka, gunting, laksatif, serta termometer.

Tak hanya obat-obatan, ketika berlibur, kita juga sebaiknya memperhatikan asupan makanan dan minuman yang masuk kedalam tubuh. Saat berada di tempat liburan, tak jarang kita ‘kebablasan’ dalam menyantap setiap makanan yang mungkin baru untuk kita. Seringkali kita kurang memperhatikan apakah makanan/minuman tersebut cocok untuk tubuh kita atau tidak. Tak ada salahnya tetap memperhatikan kesehatan selama berlibur. Jangan sampai ketika liburan berakhir, kita malah mendapatkan penyakit.  Selamat berlibur!

Comments are closed.

%d bloggers like this: