Buku adalah gudangnya ilmu, dan membaca adalah kuncinya. Pepatah lama mengatakan “Buku adalah temannya orang berilmu”  adalah benar adanya karena membaca buku dapat memperkaya pengetahuan seseorang. Bagi anda yang gemar membaca, RSHS mempunyai perpustakaan pusat yang dapat memuaskan hobi membaca anda. Di RSHS, perpustakaan pusat berada di bawah Bidang Pendidikan dan Penelitian. Pada masany

a perpustakaan RSHS merupakan salah satu perpustakaan terlengkap yang ada di Bandung dimana hampir semua koleksi buku dan jurnal disini lengkap. Koleksi yang tersedia disini  terdiri atas buku, majalah, brosur, skripsi, tesis, disertasi  dan lain-lain.  Dalam perjalanannya, perpustakaan RSHS telah memberikan sumbangsih yang besar terhadap kemajuan proses pendidikan dan penelitian yang terjadi di RSHS. Mungkin entah berapa banyak orang-orang cerdas di RSHS yang dulunya ikut menambah khasanah pengetahuan mereka di perpustakaan ini.

Beberapa waktu lalu, Tim Majalah Sauyunan RSHS berkesempatan menyambangi perpustakaan pusat RSHS yang terletak di lantai 4 gedung COT RSHS. Pertama kali tim menginjakkan kaki di perpustakaaan, selepas mata memandang terlihat ruangan yang luas dan nyaman dengan barisan rak yang sarat dengan deretan rapi buku-buku. Di bagian depan perpustakaan terdapat beberapa unit komputer yang dapat digunakan untuk menunjang kegiatan di perpustakaan. Semuanya nampak rapi dan terawat.

Diakui Koordinator Perpustakaan RSHS Yuri Marzuki, kini jumlah pengunjung perpustakaan mengalami penyurutan. Kemajuan pesat era digital dan internet  mau tidak mau berimbas pula pada penyurutan jumlah pengunjung perpustakaan. Bila dulu sebelum tahun 2000an, perpustakaan menjadi destinasi utama bagi mereka yang menginginkan adanya informasi,  kini kita mempunyai banyak media informasi untuk mendapatkan informasi baik media elektronik dan online.

Meskipun demikian, seni membaca buku pun tak pernah hilang ditelan zaman karena buktinya hingga saat ini masih ada saja pengunjung yang datang ke perpustakaan. Sebagian dari mereka ada yang memang hobi membaca dan ada juga yang sengaja datang untuk kepentingan penyelesaian tugas.

Bagi anda yang belum menjadi anggota perpustakaan, anda dapat mendaftar langsung ke perpustakaan pusat RSHS.  Anggota perpustakaan adalah karyawan dilingkungan RSUP dr. Hasan Sadikin, mahasiswa ( PPDS 1 FK UNPAD, mahasiswa kedokteran FK/FKG UNPAD dan AKPER DEPKES) dan menyelesaikan administrasi keanggotaan. Setiap anggota dapat meminjam sebanyak 2 ( dua ekslemplar) yang terdiri atas buku atau majalah, selama  2 minggu (14 hari). Waktu peminjaman dapat diperpanjang selama satu minggu , dengan catatan apabila buku atau majalah yang dipinjam tidak dipesan oleh anggota perpustakaan yang lain. Perpanjangan peminjaman dapat dilakukan melalui telepon. Setiap keterlambatan pengembalian  buku atau majalah, peminjaman dikenakan biaya administrasi (denda). Bagi anda yang bukan anggota perpustakaan boleh meminjam buku untuk dibaca ditempat.

Untuk anda yang berkunjung ke perpustakaan, anda akan diwajibkan untuk mengisi buku kunjungan. Setelah mencatat pesanan reference/article pada formulir pesanan yang telah disediakan oleh petugas perpustakaan RSHS. Selanjutnya, petugas akan mencari dan menelusuri sumber tersebut dengan cara manual atau komputerisasi. Penelusuran artikel melalui internet juga dapat dilakukan karena perpustakaan RSHS sudah dilengkapi dengan fasilitas Wi-fi. Untuk penelusuran artikel melalui internet,  dapat dilakukan dengan bantuan pustakawan atau melakukan pencarian sendiri. Apabila artikel yang dimaksud tidak ditemukan, maka petugas akan memberi daftar rujukan pustaka atau petugas akan merujuk ke perpustakaan yang memilik sumber informasi pemesan.

Selaras dengan perkembangan zaman, perpustakaan pusat RSHS mempunyai beberapa rencana pengembangan yaitu meningkatkan pelayanan kepada pengguna, menambah serta memperbaiki fasilitas dan sarana yang ada dan melanjutkan program tahun sebelumnya, apabila ada yang belum terlaksana. ***

Comments are closed.

%d bloggers like this: